Subscribe Us

banner image

Technology

Sports

GANJAR PRANOWO MENGUCAPKAN DUKA CITA KEPADA KORBAN LEDAKAN SMELTER DI IMIP MOROWALI

 


 

Ganjar Pranowo, capres nomor urut 3, mengucapkan duka cita yang mendalam kepada para korban ledakan tungku smelter milik PT ITSS di kawasan IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah.

Warganet menyambut baik cuitan duka cita dari Ganjar Pranowo tersebut. “Turut berduka cita atas kecelakaan ledakan tungku Smelter milik PT ITSS di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah,” tulis Ganjar Pranowo melalui akun X pribadinya, @ganjarpranowo, terlihat Minggu 24 Desember 2023.

“Semoga segala amal ibadah korban meninggal diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa dan korban luka segala pulih. Ini menjadi evaluasi bersama agar kejadian serupa tidak terulang kembali🥀🥀🥀,” doanya.

Cuitan Ganjar mengundang reaksi para warganet. Mereka berharap jika terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2024, maka ia bisa memperbaiki keselamatan para kerja di industri smelter.

“Pak Kalo njenengan jd Presiden nanti toloong banget Pak ini diperbaiki sistem keselamatan jiwa pekerja, hargai nyawa rakyat sendiri, Jangan cuma nyari cuan cuan buat Oligarki dan Aseng tp rakyat jd korban jiwa.. Ngenesss bangett pak liatnya kasian 😭😭😭,” tulis @AnaSamhad.

“emang smelter2 yg ada di indonesia timur kerjanya sembrono…ngak bisa di jamin keselamatannya…,” cuit @kevindehai66944.

“Industri2 Indonesia masih banyak yg blm mengikuti aturan SMK3, pdhal ini pnting demi kesehatan & keselamatan pekerja pak @ganjarpranowo. mungkin kedepan perlu di pastikan semua sertifikasi mudah didapatkan & murah dilapangannya,” harap @Agus_Jenggo.

Kronologis Ledakan Smelter Nikel Marowali di IMIP

Berdasarkan keterangan PT IMIP, kecelakaan kerja tersebut terjadi Minggu 24 Desember 2923, sekitar pukul 05.30 WITA. Kronologis tungku smelter meledak bermula dari kecelakaan yang sejumlah pekerja alami saat melakukan perbaikan tungku dan pemasangan plat pada bagian tungku.

Hasil investigasi awal menyebut penyebab ledakan terperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan.

Saat proses perbaikan berlangsung terjadi ledakan. Adapun di lokasi juga terdapat banyak tabung oksigen yang tergunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku. Akibatnya, ledakan pertama memicu beberapa tabung oksigen di sekitar area ikut meledak.

Kebakaran tungku akhirnya berhasil bisa padam pukul 09.10 WITA. Pekerja yang menjadi korban ledakan telah terawat di klinik 1 dan 2 PT IMIP.

Jumlah korban saat ini sebanyak 51 orang. Sebanyak 12 orang tewas korban pada peristiwa tersebut, terdiri dari 7 tenaga kerja Indonesia dan 5 tenaga kerja Asing. Korban luka ringan dan berat sebanyak 39 korban luka-luka saat ini sedang mendapatkan penanganan medis.

 


GANJAR PRANOWO MENGUCAPKAN DUKA CITA KEPADA KORBAN LEDAKAN SMELTER DI IMIP MOROWALI GANJAR PRANOWO MENGUCAPKAN DUKA CITA KEPADA KORBAN LEDAKAN SMELTER DI IMIP MOROWALI Reviewed by TELINGA RAKYAT on Desember 26, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

Diberdayakan oleh Blogger.