Subscribe Us

banner image

Technology

Sports

ISI KULIAH KEBANGSAAN UI, GANJAR: PEMIMPIN BUKAN MALAIKAT SEMPURNA!

  


Bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo mengatakan pemimpin bukan malaikat yang bisa menyelesaikan semua masalah dengan sempurna. Namun, menurut dia, seorang pemimpin harus memberikan optimisme lewat data dan fakta.

"Pemimpin harus memberikan optimisme. Data dan fakta boleh disajikan, dan pemimpin bukan malaikat yang bisa menyelesaikan dengan seluruh kesempurnaan," kata Ganjar saat memberi kuliah kebangsaan di Balairung Balai Purnomo, FISIP, Universitas Indonesia (UI), Senin (18/9).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu tak membantah sejumlah masalah yang masih dihadapi Indonesia saat ini, seperti korupsi hingga layanan publik yang buruk.

Pada kesempatan itu, ia mengaku ingin mendengar cerita dan masukan dari sivitas akademika FISIP UI.

"Nanti saya diskusikan dan saya akan mendengar dan berbagi cerita, karena di dalam tema itu dituliskan kepada saya bahwa apa mimpi ke depan dan pengalaman yang bisa dibagi, saya akan ceritakan," ucapnya.

Ganjar lalu mencontohkan saat dirinya hadir pada forum pertemuan menteri-menteri ASEAN di Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Menurut dia, butuh 'tendangan' yang lebih keras saat berbicara di forum itu.

Dia menilai forum-forum seperti ASEAN atau G-20 mestinya memberikan manfaat kepada negara kawasan atau anggota.

"Maka apa sebenarnya yang kita lakukan untuk bisa berkontribusi untuk bisa membuktikan bahwa G20 kita mendapatkan peran penting, ASEAN kita mendapatkan peran yang cukup penting," kata dia.


ISI KULIAH KEBANGSAAN UI, GANJAR: PEMIMPIN BUKAN MALAIKAT SEMPURNA! ISI KULIAH KEBANGSAAN UI, GANJAR: PEMIMPIN BUKAN MALAIKAT SEMPURNA! Reviewed by TELINGA RAKYAT on September 18, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

Diberdayakan oleh Blogger.