Subscribe Us

banner image

Technology

Sports

GIBRAN “GEGAYAAN” TANYA GREENFLATION KE MAHFUD, PENGAMAT: PENGEN JEBAK ORANG DIA SENDIRI TAK PAHAM!

  


Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menanyakan soal greenflation kepada cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat debat cawapres, Ahad (21/1/2024). Mahfud menolak menjawab karena menganggapnya pertanyaan recehan.

Pengamat transisi energi dari Institute Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa, menilai Gibran salah memahami konteks pertanyaannya sendiri.

Menurutnya, ada inkonsistensi dalam pernyataan Gibran tentang greenflation pada debat cawapres tersebut. Sebab, Gibran bicara tentang pentingnya transisi energi, tapi di saat yang bersamaan mewanti-wanti soal greenflation.

Sebagai informasi, greenflation adalah istilah yang berasal dari gabungan kata 'green' dan 'inflation' yang berarti inflasi hijau. Dikutip dari laman Collins Dictionary, greenflation adalah kenaikan harga material, mineral, dan lain-lain yang tajam karena teknologi terbarukan.

"Ya karena dia tidak paham untuk meletakkan konteks greenflation dalam kebijakan itu seperti apa, asal nanya aja. Ya mohon maaf ya, saya bilang sih asal nanya aja gitu lho, ingin pertanyaan menjebak yang dia sendiri enggak paham," ucap Fabby, Senin (22/1/2024). 

Fabby juga menyoal demonstrasi yellow jacket alias rompi kuning di Prancis yang disinggung Gibran dalam debat. Menurut Gibran, demo tersebut akibat greenflation yang terjadi di negeri tersebut.

"Demo yellow jacket di Prancis kan menentang harga BBM karena ada kenaikan. Harga BBM-nya diberikan harga karbon. Jadi, itu bukan issue (masalah) buat kita hari ini," papar Direktur Eksekutif IESR ini. 

Menurut Fabby, greenflation bukan hal yang harus dilebih-lebihkan. Sebab, inflasi selalu terjadi. Misalnya, distribusi BBM yang terkendala bisa menciptakan kenaikan harga. Dan sudah tugas pemerintah untuk mengatasi inflasi.

"Karena di mana-mana tugas pemerintah itu mengendalikan harga," tutur Fabby.



GIBRAN “GEGAYAAN” TANYA GREENFLATION KE MAHFUD, PENGAMAT: PENGEN JEBAK ORANG DIA SENDIRI TAK PAHAM! GIBRAN “GEGAYAAN” TANYA GREENFLATION KE MAHFUD, PENGAMAT: PENGEN JEBAK ORANG DIA SENDIRI TAK PAHAM! Reviewed by TELINGA RAKYAT on Januari 24, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

Diberdayakan oleh Blogger.