Subscribe Us

banner image

Technology

Sports

SENTIL ANIES DI DEBAT CAPRES PERDANA, PRABOWO: ANGGARAN RP 50 T KOK GAGAL ATASI POLUSI UDARA?

  


Calon Presiden (Capres) nomor urut dua mempertanyakan kepada capres nomor urut 1 Anies Baswedan terkait indeks polusi DKI Jakarta yang menjadi tertinggi dunia. Padahal, DKI Jakarta menerima anggaran sebesar Rp 80 trilliun.

Hal itu disampaikan oleh Prabowo dalam debat pertama calon presiden (capres) di Kantor Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12).

"Anggaran DKI sekitar Rp 80 triliun, jumlah penduduk Indonesia 10 juta, APBD Rp 35 triliun jumlah penduduk 50 juta lima kali DKI. Tapi selama mas Anies memimpin sering DKI menerima indeks polusi tertinggi dunia? Gimana anggaran Rp 50 triliun tidak berbuat sesuatu berarti mengurai polusi," tanya Prabowo kepada Anies Baswedan.

Bahkan, Prabowo menegaskan anggaran sebesar itu selama masa periode Anies tidak terlihat langkah yang konkret dalam mengatasi polusi di Jakarta.

"Bagaimana anggaran Rp 80 triliun, Pak Anies, sebagai gubernur tidak dapat berbuat sesuatu berarti untuk mengurangi polusi," ujar dia.

Menanggapi itu menurut Anies, polusi di Jakarta tidak konsisten. Anies mengatakan bahwa angin tidak memiliki KTP dan polusi mengikuti arah angin.

"Jadi, apa yang terjadi? Di Jakarta kami memasang alat pemantau polusi udara. Bila masalah polusi udara itu bersumber dari dalam kota Jakarta maka hari ini, besok, minggu depan akan konsisten akan terus kotor, tapi apa yang terjadi? Ada hari di mana kita bersih, ada hari di mana kita kotor. Ada masa Minggu pagi Jagakarsa sangat kotor, apa yang terjadi? Polusi udara tak punya KTP, angin tak ada KTP-nya," kata Anies menjawab Prabowo.

"Angin itu bergerak dari sana ke sini. Ketika polutan yang muncul dari pembangkit listrik tenaga uap mengalir ke Jakarta maka Jakarta punya indikator, karena itu Jakarta mengatakan ada polusi udara. Ketika anginnya bergerak ke arah Lampung, ke arah Sumatera, ke arah Laut Jawa, di sana tidak alat monitor maka tidak muncul, dan Jakarta pada saat itu bersih," imbuhnya.

Prabowo pun merespons. Dia menilai Anies tidak seharusnya menyalahkan angin. Prabowo kembali menegaskan pertanyaannya yakni tentang penanganan polusi udara Jakarta dengan anggaran sebesar itu.

"Ya susah kalau kita menyalahkan angin dari mananya. Jadi saya bertanya, dengan anggaran segitu besar (Rp 58 triliun), langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk dengan real dalam 5 tahun mengurangi polusi juga, di mana rakyat Jakarta itu banyak yang mengalami sakit pernapasan," ujar Prabowo.


SENTIL ANIES DI DEBAT CAPRES PERDANA, PRABOWO: ANGGARAN RP 50 T KOK GAGAL ATASI POLUSI UDARA? SENTIL ANIES DI DEBAT CAPRES PERDANA, PRABOWO: ANGGARAN RP 50 T KOK GAGAL ATASI POLUSI UDARA? Reviewed by TELINGA RAKYAT on Desember 14, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

Diberdayakan oleh Blogger.