Subscribe Us

banner image

Technology

Sports

SAMBANGI PEMBANGUNAN MUSEUM REOG, GANJAR: TAMENG KETAHANAN SENI BUDAYA BANGSA

  


Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyambangi proyek pembangunan Museum Reog di Desa Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada Jumat (19/1/2024) sore. Ia disambut atraksi kesenian ratusan Reog Ponorogo dan penari kuda lumping.

Ganjar mengatakan bicara kesenian dan kebudayaan itu termasuk dalam ketahanan yang tidak hanya tentang ketahanan nasional saja, tetapi juga ketahanan budaya agar menjadi tameng dari gempuran seni budaya dari luar negeri.

"Kalau bicara seni dan budaya, maka dalam ketahanan nasional kita juga harus masuk pada ketahanan budaya agar kita tidak digempur oleh budaya lain dan bisa jadi tuan rumah," kata Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga menyebutkan, kesenian Reog Ponorogo nantinya bisa menjadi tolok ukur kesenian tarian tradisional asli Indonesia.

Pelaku seni reog, lanjut Ganjar, juga harus memiliki standar dalam mengembangkan kesenian reog, sehingga Reog akan terus diperhitungkan sebagai budaya yang membanggakan bangsa Indonesia.

 


SAMBANGI PEMBANGUNAN MUSEUM REOG, GANJAR: TAMENG KETAHANAN SENI BUDAYA BANGSA SAMBANGI PEMBANGUNAN MUSEUM REOG, GANJAR: TAMENG KETAHANAN SENI BUDAYA BANGSA Reviewed by TELINGA RAKYAT on Januari 21, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

Diberdayakan oleh Blogger.