Subscribe Us

banner image

Technology

Sports

“TONDO-TONDO” JOKOWI MULAI TINGGALKAN PRABOWO MENURUT PENGAMAT RAY RANGKUTI

  


Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut Ganjar Pranowo harus langsung mengerjakan persoalan kedaulatan pangan usai dilantik sebagai presiden menjadi sorotan. Pidato itu disampaikan Jokowi saat di Rakernas PDIP.

Pengamat Politik Ray Rangkuti menilai pidato Jokowi tersebut menunjukan optimisme terhadap Ganjar untuk memenangkan Pemilu 2024 dan meneruskan kepemimpinannya.

“Kelihatan ada arus yang diubah dari Jokowi yang sebelumnya lebih kental dengan Prabowo, sekarang menusuk atau kembali melakukan haluannya ke sisi yang lain dalam hal ini Ganjar,” kata Ray di Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/10/2023).

Menurut Ray, perubahan haluan ini sudah terjadi sejak awal September. Sebab, intensitas kedekatan Jokowi dengan Prabowo dianggap memudar.

“Saat ini intensitas perjumpaan pak Jokowi dengan Prabowo itu agak menurun berbanding sebelum 16 Agustus 2023 yang lalu. Dimana acara pak Jokowi yang melibatkan perhatian publik itu dihadiri oleh pak Prabowo,” ujar dia.

Selain itu, hadirnya sejumlah anggota Kabinet Indonesia Maju yang bukan berasal dari PDIP makin menunjukan bahwa Jokowi mulai kembali merapatkan dukungannya ke Ganjar.

“Menurut saya, itu satu perubahan tersendiri, betapa pak Jokowi memberi perhatian yang cukup pada Rakernas ini dengan membawa hampir keseluruhan anggota kabinetnya," kata dia.

"Yang dalam catatan saya hanya anggota kabinet yang berasal dari partai politik yang enggak dilibatkan dalam acara itu, meskipun ada beberapa seperti pak Sandiaga,“ Ray menambahkan.

Padahal, lanjut dia, acara Rakernas PDI Perjuangan itu seharusnya bersifat internal. Sebab, acara tersebut bukanlah momen yang melibatkan publik seperti acara sebuah pelantikan umum.

“Tapi ini acara Rakernas oleh orang yang terbatas statusnya, karena berstatus pengurus, dan seharusnya di luar pengurus tidak hadir dalam acara itu,” pungkasnya.

Jokowi Sudah Bisik-bisik

Sebelumnya Jokowi mengaku telah berbisik dengan bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo sebelum menyampaikan pidato pada pembukaan Rakernas IV PDI Perjuangan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada Jumat (29/9/2023).

Dalam percakapan tersebut, Jokowi meminta Ganjar untuk fokus pada isu kedaulatan pangan setelah resmi dilantik sebagai presiden.

“Tadi saya berbisik sama beliau. Pak, nanti habis dilantik, besoknya langsung masuk ke kedaulatan pangan. Ndak usah lama lama, perencanaan disiapkan sekarang. Begitu masuk, langsung kedaulatan pangan’,” ucap Jokowi.


“TONDO-TONDO” JOKOWI MULAI TINGGALKAN PRABOWO MENURUT PENGAMAT RAY RANGKUTI “TONDO-TONDO” JOKOWI MULAI TINGGALKAN PRABOWO MENURUT PENGAMAT RAY RANGKUTI Reviewed by TELINGA RAKYAT on Oktober 09, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

Diberdayakan oleh Blogger.