Subscribe Us

banner image

Technology

Sports

GANJAR PRANOWO JELASKAN DAMPAK BURUK APABILA INDONESIA GAGAL MENJADI NEGARA EMAS PADA 2045

  


Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengatakan, jika Indonesia tidak menjadi negara maju di 2045, maka negara ini justru akan terjebak masuk pada middle income trap.

Hal itu disampaikan Ganjar saat bicara dalam Rakorpimnas INKINDO 2023 di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

“Kalau 2045 kita tidak menjadi negara maju, kita akan masuk ke dalam middle income trap finish,” kata Ganjar.

Ia mengatakan, perjalanan menuju Indonesia maju di 2045 bukan lah jalan yang mudah.

Menurutnya, tak bisa menuju ke sana dengan rasa pesimis.

“Kita sedang naik gunung yang sangat tinggi dengan cuaca yang sangat ekstrem tapi kalau kita kita pesimis kita merendahkan target, artinya kita akan menjadi orang yang nyaman-nyaman saja kita nggak bisa dipaksakan karna cuaca buruk,” tuturnya.

“Cuaca buruk saya terjemahkan sebagai kondisi eksternal dunia yang sedang tidak baik-baik saja,” sambungnya.

Ia mengatakan, kekinian masing-masing negara di berbagai belahan dunia sedang saling mengintip. Terlebih juga perang tidaj berkesudahan, membuat pasokan pangan terganggu.

Untuk itu, ia menyampaikan, Indonesia harus menjalin kerja sama dengan negara lain yang saling menguntungkan. Sebab, kalau tidak akan terjebak dalam jebakan.

“Politik luar negeri kita bebas aktif maka kalau hari ini kita tidak punya kebebasan menentukan mitra sahabat yang sama-sama saling menguntungkan kita akan masuk ke dalam jebakan batman yang lebih banyak lagi. Kalau mimpi kita sama di 2024, effort kita tidak bisa biasa-biasa saja,” pungkasnya.


GANJAR PRANOWO JELASKAN DAMPAK BURUK APABILA INDONESIA GAGAL MENJADI NEGARA EMAS PADA 2045 GANJAR PRANOWO JELASKAN DAMPAK BURUK APABILA INDONESIA GAGAL MENJADI NEGARA EMAS PADA 2045 Reviewed by TELINGA RAKYAT on Desember 14, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Subscribe Us

Diberdayakan oleh Blogger.